Rabu, 09 September 2009

Survey WTN (Wahana Tata Nugraha)

Menindaklanjuti pertemuan di Kantor Dinas Perhubungan dan LLAJ Propinsi Jawa Timur, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magetan melakukan survey yang hasilnya digunakan untuk melengkapi data yang akan dikirim dalam mengikuti lomba Wahana Tata Nugraha.
Penghargaan Wahana Tata Nugraha adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik.
Penilaian dilakukan atas kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil. aspek penataan transportasi yang berkelanjutan, dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan mendapat pertimbangan terbesar dalam penilaiannya.
Survey dilakukan pada hari Kamis dan Jum'at, tanggal 3 dan 4 September 2009. Survey meliputi :
  1. Survey penyediaan prasarana jalan (Rumija (Ruang Milik Jalan), permukaan jalan, fasilitas pejalan kaki), survey kelengkapan jalan (marka, rambu) dan survey kinerja lalu lintas (kinerja ruas jalan dan disiplin lalulintas di ruas jalan).
  2. Survey kelengkapan jalan (APILL : Alat pemberi isyarat lalu lintas, marka dan rambu) dan survey kinerja lalulintas (kinerja simpang dan disiplin lalulintas di simpang).
  3. Survey angkutan umum bertrayek, survey kecepatan perjalanan rata- rata angkutan dan load factor, dan survey kondisi terminal.
  4. Survey kondisi halte, survey waktu tunggu, survey angkutan umum tidak bertrayek, dan survey angkutan tidak resmi.
Surveyor berjumlah kurang lebih 14 orang yang dibagi kedalam 4 (empat) ruas jalan, karena untuk kategori kota kecil diberikan jatah ruas jalan yang akan dinilai adalah 4(empat) ruas. Meliputi Jalan Pahlawan, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Dr. Sutomo.

Ternyata dalam survey penulis mengalami kesulitan karena disebabkan banyak faktor, salah satunya adalah peak dan off peak hour, atau jam sibuk dan jam tidak sibuk lalulintas. Jam sibuk di Magetan setelah dilakukan survey menunjukkan kisaran antara jam 10.00 - 12.00, sedangkan waktu senggang jam 14.00 keatas. Faktor lainnya adalah kesulitan dalam menentukan sampel kendaraan karena dalam jam sibuk maka sampel yang digunakan sembarang, selama masih dalam kategori kendaraan yang ditentukan.
Survey dimulai pukul 06.30 sampai dengan selesai. Karena jam 06.30 - 07.00 merupakan waktu sibuk dimana pelajar dan pegawai yang berangkat ke sekolah maupun ketempat kerja masing- masing. Jumlah kendaraan terutama kendaraan roda dua pada pagi hari terutama di jalan- jalan protokol menunjukkan bahwa jam 06.30 - 07.30 merupakan waktu yang sangat sibuk, ini dibuktikkan dengan menghitung jumlah kendaraan yang melalui simpang berjumlah 1000 kendaraan dalam rentang waktu 1 jam. Dan kecepatan rata- rata yang diperoleh menunjukkan dalam jarak 100 meter, waktu yang dibutuhkan lebih lama.
Selama dua hari survey telah diperoleh data- data pendukung yang akan digunakan untuk melengkapi blangko formulir yang akan dikirim ke propinsi. Dan semoga Magetan mendapatkan piala WTN karena sebelumnya hanya mendapatkan plakat.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar anda...

Photos

 

Tags

Site Info

Followers